Translate

22 Desember, 2008

NATAL : Mitos dan Kebenaran

Pohon Natal yg biasanya diwujudkan sebagai pohon cemara atau sejenisnya, adalah mitos.



Dunia mengenal Natal identik dengan Pohon Natal dimana selama bulan Desember di gedung2 gereja dan rumah2 keluarga kristen harus ada pohon Natal atau pohon Terang. Tidaklah afdol kalau Natal tanpa pohon Natal. Tak pernah sekalipun di Alkitab tertulis mengenai simbol Pohon terang maupun cerita hikayatnya. Ini adalah sebuah mitos yg tidak ada sangkut pautnya dengan berita Natal itu sendiri. Kalaupun itu sebagai hiasan untuk pesta Natal, janganlah kita terpaku hal itu menjadi syarat untuk sebuah pesta Natal. Sayangnya tidaklah mudah mengalihkan perhatian orang kristen terhadap mitos ini dari berita Natal itu sendiri. Natal adalah peristiwa pesta pora surga yg sampai ke bumi, ketika Tuhan sendiri menjelma menjadi manusia, hanya saja Yesus bukanlah dari benih Yusuf melainkan dari Roh Kudus, yg membuat Maria mengandungNya selama 9 bulan, seperti layaknya seorang ibu mengandung dan melahirkanNya. Natal bukanlah peristiwa semalam dimana kita merayakan kelahiranNya tetapi menolak hidupNya. Dunia merayakan kelahiranNya tapi menolak misiNya.



Sinterklas atau Santa Claus, tidaklah nyata, bermula dari dari kisah hidup seseorang yg kemudian menjadi cerita dongeng mirip hikayat 1001 malam. Cerita dan kisah ini telah diekspos kepada anak2 kecil seolah Natal juga identik dengan Sinterklas. Berita Natal itu sendiri telah diubah menjadi sebuah peristiwa yg sama sekali tidak Alkitabiah, malah lebih mirip dengan cerita dongeng. Mudah2 an gereja menyadari kekeliruan ini dengan tidak mengadakan kehadiran Sinterklas didalam merayakan Natal.

Waspadalah kalau kita masih membawa anak2 kita kepada Sinterklas, bisa jadi kita sedang menyerahkan kehidupan dan masa depan anak2 kepada sesuatu yg salah. Figur Sinterklas telah mengaburkan figur Yesus sendiri. Sinterklas adalah mitos tetapi kelahiran Yesus adalah kebenaran.

Selamat Natal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk komentar ini.

Siapakah Dia ????

Ada seorang tokoh yg pernah hidup di dunia ini. Dia memiliki banyak pengikut bahkan diseluruh muka bumi ini ada pengikut dari tokoh yg satu...