Translate

08 Desember, 2008

Kurban

Hari ini adalah hari Libur national bersamaan dengan Hari Raya Iedul Adha atau Hari Raya Kurban.

Terlepas dari polemik siapa sebenarnya yang hendak dikurbankan pada waktu itu oleh Abraham atau Ibrahim apakah itu Ishak atau Ismael. Tetapi apakah kita mengerti makna dari peristiwa itu? Mengorbankan hewan kurban bukanlah semata untuk memberikan dagingnya pada orang yg kekurangan tetapi mempunyai makna spiritual yg sebenarnya.

Menurut Alkitab memotong hewan kurban adalah suatu perintah Tuhan sebagai penghapus dosa manusia atau bagi diri orang atau kelompok yang mengorbankan hewan tersebut. Hal tersebut telah dilakukan oleh kedua putra Adam yaitu Kain dan Habil yang satu mengurbankan hewan sebagai persembahan dan yabg satunya mempersembahkan hasil buminya. Tetapi hanyalah persembahan hewan kurban yg berkenan kepada Tuhan.

Gambaran Abraham yg hendak mengurbankan putranya tersebut adalah gambaran Tuhan sendiri yg mengurbankan Putra TunggalNya yaitu Yesus untuk penebusan dosa umat manusia. Oleh karenanya Yesus juga disebut Anak Domba Allah. Dan Yesus telah dikurbankan oleh Allah sendiri untuk penebusan umat manusia, karena Yesus sendiri adalah manusia yg bisa mengeluarkan darah. Disatu sisi Dia adalah Allah karena tubuhNya memiliki Roh Allah dan dia mati tetapi juga bangkit dari antara orang mati sehingga orang2 yang percaya dapat memperoleh hidup yang kekal bersamaNya kelak.
End#
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk komentar ini.

Siapakah Dia ????

Ada seorang tokoh yg pernah hidup di dunia ini. Dia memiliki banyak pengikut bahkan diseluruh muka bumi ini ada pengikut dari tokoh yg satu...